Kamis, 26 Maret 2009

tulisan omnobo di note facebook

"Imagination is more important than knowledge", Om Einstein pernah bilang gitu waktu dulu kita sempet cangkrukan bareng dirumah vendy sambil merumuskan teori relativitas umum(hahaha, bo'ong banget... )tapi beneran lho, om Einstein pernah bilang gitu, cuman kapan pastinya ku juga gak tau.

Yang pasti kata-kata itu yang menginspirasi para ilmuwan untuk bekerja seperti seniman.
Seniman sendiri seperti punya pembelaan atas apa yang sudah dikerjakan selama ini (yang biasanya dikatain nyleneh nan aneh <> )

hmm,
how about us...???
ok, kita artikan dulu satu-satu ( sok pinter mode : ON )  
Knowledge atau yang biasa kita sebut sebagai pengetahuan adalah sekumpulan hal yang kita ketahui, bisa teori, bisa pengetahuan-pengatahuan common sense.jadi kira-kira yang masuk kategori pengetahuan itu mulai dari : Kita tau letak folder film bokep di laptop kita, sampai kita tau bagaimana menjelaskan teori gravitasi pake relativitas umum , ato sekedar melakukan diagnosis abnormalitas pake teori psikoanalisa, dsb
semuanya itu knowledge, kita tau, trus tau cara menggunakannya. yang lebih canggih bisa tau kelemahannya , trus cari knowledge lain yang bisa menutupi kelemahan knowledge lama.

Nah, masalahnya
kalau kita hanya terbisa mencari satu knowledge ke knowledge yang lain. Ini seperti kita mencoba-coba dari satu kacamata ke kacamata yang lain.
padahal,justru Imajinasi yang sebenarnya membuat para teoris dan ilmuwan masa lalu ( termasuk om Einstein yang legendaris ) mampu melihat sesuatu dengan khayalannya sendiri, dan menjelaskan dengan kacamatanya.
Subjektif dunk??
halah, yang ini dipikirkan belakangan (ada topiknya sendiri aja ntar )
yang jelas mereka "create" teori, "explain how it happens" dengan caranya, dan berhasil meyakinkan seseorang sehingga mau memakai caranya. Hingga akhirnya teori ato "kacamata" mereka tersebut diakui sebagai "karya".
bangga dunk, kalau kita punya kacamata kita sendiri...  

Imajinasi kok ribet banget gitu yah??
kalo menurut saya, cara paling mudah buat memiliki kacamata sendiri dan tetep bisa dinikmati orang lain (orang suka atau nggak suka itu urusan belakangan )
yaitu...,jreng...jreng...jreng...
Jadi FILMAKER...  

Pekerjaan paling menyenangkan didunia,
kita hanya perlu berimajinasi dan berkhayal tentang sesuatu, lalu menumpahkannya dalam media audiovisual.Orang jadi tau imajinasi kita, orang jadi tau cara kita memandang sesuatu, orang jadi tau "karya" kita.
"a good ideas is an idea that happens",

jadi gak penting Belajar Knowledge??
ya enggak lah..., masa' ya enggak donk...
hehe
Pada dasarnya, menurut hemat saya ( cie, sok dosen banget y?? ),
Knowledge itu penting, buat jadi seorang teoris, ilmuwan, dokter, filmaker sampai tukang soto dan tukang sate pun kita butuh knowledge buat "how to do something" , atau kalau buat saya "how to do something funny":d 

tapi dengan imajinasi kita bisa tau "how to do something funny with my own way, and you will like it too"  

jadi,Bagaimana...?
siap berimajinasi...??
siap menciptakan kacamata kalian..??
siap menciptakan karya kalian..?

Matikan infotainment dan sinetron yang tidak berkontribusi untuk kemajuan bangsa...( so nasinalis sekarang... )
jangan terus-terusan membuat otak menjadi konsumen,
mari membuat otak memproduksi sesuatu yang luar biasa...

saya yakin otak kalian sudah tidak sabar mengeluarkan ide-ide terpendam......

Imajinasi yang indah itu seperti pelangi,
"so what are u waiting for, to create ur own rainbow?"

AYO KITA MULAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar