Minggu, 26 Juli 2009

saya dan film

saya pernah mengaku suka sekali film, segala gambar bergerak, ato bahkan setiap gambar yang bercerita.

tapi sebenarnya hubungan saya dan film mungkin saja baru tahap pendekatan, ini tahap dimana saya berusaha mengenal dia lebih dekat. Dia suka apa aja, gak sukanya apa aja, pengennya ngapain aja...,

saya melihat film, berusaha mengerti apa yang dia sampaikan untuk saya.

dan akhirnya saya sadar bahwa semua yang diungkapkan lewat film adalah gagasan sutradara dan pembuat cerita, dan film adalah medianya.Jadi film adalah media komunikasi dan berekspresi. itu ternyata kata kuncinya ...,ini media...

ini kanvas, dan mereka melukisnya dengan kamera.....

beberapa kali saya coba bikin cerita sendiri dan menarasikannya lewat gambar. jadi semacam membuat film sendiri, begitu mungkin.

belajar bercerita dan mengungkapkan gagasan lewat cerita dan gambar.

mungkin lukisan saya dengan kamera ini belum sebgus lukisan sutradara-sutradara dan pencerita yang sudah kenyang pengalaman itu, tapai saya yakin lukisan saya punya manfaat.

setidaknya bagi diri saya sendiri karena punya kesempatan menunjukkan siapa saya dan pandangan saya tentang segala pengalaman dan kejadian di sekitar saya.

semoga kelak banyak orang yang merasakan manfaat film yang saya buat karena film yang bagus menurut saya adalah film yang bermanfaat dan membuat penontonnya merasa mendapatkan sesuatu setelah meihat film tersebut.

saya baru memulainya, dan sepertinya hubungan saya dan film akan semakin akrab.

dan karena film tidak bisa dikerjakan sendiri, saya beruntung punya teman-teman yang sama cintanya dengan media ini.

saya ingat teman saya adelia pratiwi pernah bilang "tidak ada peradapan tanpa pencerita"

saya ingin menjadi bagian peradapan, dan saya ingin menceritakan dunia dari sudut pandang saya.dengan lukisan saya, dengan film saya.

1 komentar: